Aplikasi Facebook Gaming Akan Tutup Tahun ini

Milenianews.com – Facebook sebelumnya sudah berencana untuk masuk ke industri gaming dengan meluncurkan Facebook Gaming. Namun nampaknya mereka berencana menghentikan salah satu layanannya, Meta akan tutup layanan Aplikasi Facebook Gaming dalam beberapa waktu ke depan. Untuk sobat ketahui, Aplikasi Facebook Gaming ini telah beroperasi kurang lebih dua tahun sejak peluncurannya di Android dan iOS.

Dalam pemberitahuan yang perusahaan kirimkan kepada pengguna, mereka mengatakan, aplikasi tidak akan berfungsi lagi mulai 28 Oktober 2022 mendatang. Ini berarti aplikasi Facebook Gaming bakal menghilang dari layanan toko aplikasi Google Play Store dan App Store.

ADOP

Baca Juga : XBOX Gandeng Facebook Gaming Setelah Microsoft Bubarkan Mixer

Meta Tutup Aplikasi Facebook Gaming, Namun Versi Web Masih Akan Beroperasi

Mengutip dari laman The Verge (5/9), Meta akan segera tutup Aplikasi Facebook Gaming. Kendati demikian, versi web dari platform streaming Facebook Gaming masih akan beroperasi. Selain itu, fitur game juga masih bisa pengguna akses dari aplikasi utama Facebook.

“Kami ingin menyampaikan terima kasih yang tulus kepada Anda semua atas semua yang telah Anda lakukan untuk membangun komunitas yang berkembang bagi para gamer dan penggemar sejak aplikasi pertama kali diluncurkan,” ujar Facebook, mengutip dari The Verge (5/9).

Meta pertama meluncurkan Facebook Gaming pada 2018 sebagai salah satu cara untuk bersaing dengan Twitch, YouTube dan Mixer kala itu. Dengan ketenaran dari sosial media yang sebelumnya mereka miliki, perusahaan kemudian merilis aplikasi Facebook Gaming untuk perangkat Android dan iOS pada 2020 silam.

Namun, lebih lanjut, Facebook Gaming menambahkan program developer,  bersama dengan fitur tambahan untuk membantu membangun platform miliknya. Ini termasuk fitur yang menghadirkan kemampuan untuk melakukan streaming bersama. Tujuannya untuk menarik pengguna yang sebagian besar merupakan pengguna Twitch dan YouTube. 

Facebook Gaming awalnya memang pernah diprediksi menjadi ancaman potensial bagi Twitch, yang merupakan platform paling dominan pada segmen streaming game. Sayangnya, data terbaru dari Streamlabs menunjukkan, Facebook Gaming mempunyai jumlah penonton paling sedikit dari Twitch dan YouTube.

Baca Juga : Kembali ke YouTube, Kimi Hime Mengundurkan Diri dari Facebook Gaming

Facebook bukan satu-satunya perusahaan yang gagal menyaingi ketenaran platform streaming game Twitch. Sebelumnya, Microsoft juga kabarnya telah menutup layanan streaming serupa yang bernama Mixer pada 2020 lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here