konjungsi bulan dan Jupiter

Milenianews.com, Jakarta – Konjungsi bulan dan Jupiter akan terjadi pada hari ini, Senin, (15/8) pukul 16.40 WIB. Peristiwa tersebut merupakan peristiwa langit Bulan dan Jupiter akan berada dalam satu lokasi yang sama.

Hal tersebut dikonfirmasi langsung melalui instagram observatorium Bosscha, tanggal 1 Agustus 2022. Sebelum adanya konjungsi ini, terdapat juga beberapa fenomena langit yang terjadi pada bulan agustus.

ADOP

Baca Juga : Malam Bertabur Planet di September 2020

Fenomena tersebut antara lain, konjungsi Bulan dan Saturnus (12/8), puncak hujan meteor perseid(13/8), dan gugus bola M15 (14/8). Selain itu, setelah konjungsi Bulan dan Jupiter, juga akan ada fenomena langit lainnya.

Hal tersebut meliputi gugus bola M2, puncak hujan meteor K-Cygnid, konjungsi Bulan dan Mars, konjungsi Bulan dan Venus, serta konjungsi Bulan dan Merkurius.

Konjungsi Bulan dan Jupiter

Konjungsi Bulan dan Jupiter
Foto : Ilustrasi Konjungsi Bulan dan Jupiter

Melansir dari spca.com, bahwa bulan akan terlihat sebagian saat berkonjungsi dengan Jupiter terjadi. Bulan akan berada lebih dari lima derajat di sebelah kanan salah satu planet terbesar di Tata Surya tersebut.

Baca Juga : NASA Umumkan Asteroid Seukuran Bukit akan Melintasi Bumi pada 29 April 2020

Jupiter dan Bulan akan terus berdampingan sebelum menuju ke arah selatan. Keduanya bakal berada di ketinggian, lebih dari setengah horison ke arah zenith.

Lebih lanjut, jarak kedua benda langit tersebut akan semakin merapat ke tiga derajat ketika keduanya melewati meridian selatan. Jupiter pun bakal tampak lebih terang dan berada di atas Bulan.(Eka Herdit)

 

Jangan sampai ketinggalan info terkini bagi generasi milenial, segera subscribe channel telegram milenianews di t.me/milenianewscom.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here