Google Resmi Umumkan Android 13 Tiramisu

Milenianews – Google secara resmi mengumumkan kehadiran Android 13 (Tiramisu) pada acara Google IO 2022. OS Android terbaru itu menghadirkan penyempurnaan dari segi tampilan, fitur, dan lainnya dari versi sebelumnya. 

Menurut laporan dari XDA Developers (13/5), pembaruan ini menghadirkan tema Material You pada Android 13. Ini akan berimbas ke tampilan kontrol musik di layar kunci yang bisa pengguna sesuaikan dengan warna pilihan pengguna.

ADOP

Baca Juga : Android 13 Memungkinkan Blokir Notifikasi

Selain itu, ada fitur tampilan peringatan gempa ke dalam layar penuh, agar menggambarkan situasi dengan lebih baik. Selain itu, tampilan ini juga akan menambahkan cara atau tips berguna dalam menyelamatkan diri.

Sementara itu ada satu fitur yang terinspirasi dari Apple, Google kini menghadirkan fitur Handoff ke perangkat Android. Pengguna dapat dengan mudah mengakses dokumen seperti gambar atau media lainnya di beberapa produk Android.

Ada juga fitur Fast Pair yang menurut klaim dapat menghubungkan dua perangkat dengan lebih baik dan jauh lebih cepat.

Dompet digital Google Pay kini mendapat desain ulang dengan nama Google Wallet. Tidak hanya untuk keperluan transaksi, pengguna juga bisa menyimpan tiket acara, tiket parkir, kartu vaksin, kartu asuransi kesehatan, tiket penerbangan, dan banyak lagi ke dalam dompet digital ini. Bahkan di Amerika Serikat, Google Wallet akan mendukung SIM digital.

Baca Juga : Clubhouse Beta Versi Android Sudah ada di Google Play Store

Google mengatakan Android 13 kali ini akan fokus dalam penyesuaian tablet dan perangkat lipat. Sebanyak 20 aplikasi Google akan Google optimalkan untuk tablet. Jadi, Android 13 tampaknya akan menjadi versi utama pertama yang tersedia untuk tablet, serta smartphone lipat.

Pixel 7 dan 7 Pro yang rilis Oktober mendatang akan menjadi smartphone pertama yang mendapat dukungan Android 13. Sedangkan Pixel 6 dan 6 Pro mendukung versi beta-nya saat ini. Sementara itu, pabrikan lain biasanya mengikuti setelah beberapa bulan pengujian dan melakukan putaran mereka sendiri pada rilis Android baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here