Semakin Dekat Dengan

Milenianews.com, Jakarta – Jika kamu acap ‘mengatur’ serta mengerjakan hal-hal yang bersifat administrasi, maka perlu tahu tentang dua jenis program studi yang bisa jadi pilihan ketika memilih untuk berkuliah di bidang administratif. Yaps, ‘Dua Bersaudara’ administrasi, yakni Administrasi Perkantoran dan Administrasi Bisnis.

Walaupun keduanya sama-sama menyandang nama administrasi di kata awalnya, tapi yang masuk jurusan ini mempelajari hal yang berbeda lho. Jadi sobat milenia yang ingin mengambil salah satunya harus tahu perbedaannya biar tidak salah pilih. 

ADOP

Baca Juga : Intip, Peluang Karir Prodi Administrasi Bisnis UBSI 

Bagi yang tertarik untuk berkuliah di bidang administrasi nanti, mari simak bersama dulu ulasan lengkap ‘Dua Bersaudara’ administrasi ini.

1. Administrasi Perkantoran

Administrasi perkantoran merupakan salah satu jurusan kuliah yang favorit versi Youthmanual dari kelompok soshum (sosial humaniora). Jurusan ini banyak peminatnya, terlihat dari banyaknya orang yang melihat dan mencari jurusan ini sepanjang tahun.

Prodi ini berfokus pada perencanaan anggaran keuangan, pembayaran dan pendataan pada sebuah perusahaan atau organisasi. Pada jurusan ini pula mahasiswa tidak hanya memiliki pengetahuan dan keterampilan saja. Akan tetapi, juga bisa memiliki sikap dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan serta dapat membantu dan menangani pekerjaan dari pimpinan.

Pada bidang ini, setiap profesi administrasi perkantoran, harus menguasai segala bagian yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut. Mulai dari mempelajari pengetahuan dan keterampilan dalam bidang korespondensi, penguasaan komputer/ internet, manajemen kearsipan, mengetik 10 jari, manajemen perkantoran, pandai berbahasa asing dan lain sebagainya.

Selain itu, lulusan administrasi perkantoran juga harus bisa melaksanakan perencanaan, surat-menyurat perkantoran, pendataan, pendistribusian informasi. Serta harus mampu menyediakan peralatan perkantoran, juga sebagai bagian dari pekerjaannya.

Lulusan program studi ini dapat bekerja di berbagai industri. Mulai dari menjadi staf administrasi, personalia, asisten sekretaris, resepsionis di berbagai organisasi pemerintah atau swasta.

Jurusan ini akan menelurkan lulusan-lulusan yang profesional dan bertanggung jawab dalam mengatur aktivitas perusahaan serta sebagai perantara antara atasan dengan pihak lainnya. Hal tersebutlah yang membuat profesi ini tak dapat dianggap remeh. 

Baca Juga : Sobat Milenia, ini Peluang Karir Lulusan Administrasi Perkantoran 

2. Administrasi Bisnis

Dalam berbisnis, tak hanya harus memiliki ide, serta inovasi untuk produk saja. Namun pula, perlu mahir dalam mengelola segala urusan mengenai usaha yang sedang perusahaan jalankan.

Di momen inilah, keilmuan administrasi bisnis akan sangat berguna. Prodi Administrasi Bisnis akan membawamu mempelajari semua hal yang berkaitan dengan kegiatan operasional bisnis dan perusahaan, antara lain pemasaran, pengelolaan personalia, keuangan, hingga produksi.

Ilmu Administrasi Bisnis akan membawamu untuk memahami bagaimana menjalankan bisnis. Selain itu juga belajar bagaimana mengurus berbagai macam dokumen kebisnisannya, hingga mengembangkan bisnisnya itu sendiri.

Beban untuk mahasiswa Administrasi Bisnis, biasanya yakni membuat makalah dengan berbagai tema yang relevan, presentasi, laporan keuangan, sampai merancang sebuah model bisnis.

Administrasi juga banyak menjadi sasaran calon mahasiswa baru, sebab peluang karier yang cukup mempuni. Banyak industri, khususnya industri keuangan dan perbankan membutuhkan tenaga lulusan Administrasi Bisnis.

Keilmuan yang beragam tentang bisnis ini memungkinkan lulusan administrasi bisnis untuk join di berbagai perusahaan atau organisasi milik swasta dan pemerintah. Lulusannya dapat berkarier di bidang pemasaran, pengembangan bisnis, serta wirausaha.

Baca Juga : Yuk! Kenali Prodi Administrasi Bisnis di Kampus UBSI

Salah satu kampus yang menyediakan program studi ‘Dua Bersaudara’ administrasi ini yakni Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). Jurusan yang tergabung dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FKB) ini memiliki biaya kuliah yang terjangkau.

Universitas BSI sekarang telah membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk perkuliahan yang mulai bulan September. PMB gelombang 1 akan berakhir pada 2 Februari 2022 mendatang. Untuk melakukan pendaftarannya, dapat mengunduh aplikasi PMB-UBSI di playstore secara gratis atau melalui website https://bsi.pmbonline.id/.

Disamping itu, Universitas BSI memberikan kemudahan dalam pembayaran kuliah melalui Danacita dengan sistem cicilan sebesar Rp 600 ribuan perbulannya. (ACH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here