JIPFest Edisi Kedua Resmi Buka di Kota Tua Jakarta

Milenianews.com – Gelaran Jakarta International Photo Festival (JIPFest) kembali hadir pada 13- 28 November 2021. Kegiatan ini berlangsung di kawasan Kota Tua Jakarta dengan menampilkan 48 acara dan 29 bintang tamu.

Perhelatan fotografi ini mandapatkan dukuangan dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

ADOP

“JIPFest tahun ini bukan hanya menjadi sebuah perayaan fotografi saja. Tapi juga bagian dari pemulihan Jakarta dari pandemi,” kata Festival Director JIPFest Cristian Rahadiansyah melalui keterangan resmi, mengutip dari Antara, Sabtu(13/11) lalu.

Baca Juga : CORE FESTIVALÈ 2021, Hadir Bangkitkan Gairah Pemuda yang Anti-Korupsi

Sementara itu, Cristian berharap gelaran JIPFest ini bisa berlangsung dengan aman dan nyaman tentunya dengan memastikan protokol kesehatan ketat. Serta tetap menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh di tengah pandemi ini.

JIPFest pertama kali berlangsung pada 2019 dengan mengambil lokasi di 17 titik di Jakarta Pusat dan telah memikat lebih dari 17.000 pengunjung. Edisi kedua JIPFest rencananya akan berlangsung pada 2020, namun terpaksa mengalami penundaan hingga 2021 akibat pandemi COVID-19.

JIPFest tahun 2021 ini mengusung tema SPACE yang mengeksplorasi isu “ruang” dalam beragam tafsir dan bentuk. Bisa dari ruang publik, ruang batin, hingga ruang maya.

JIPFest Edisi Kedua Mnghadirkan Kurator dan Fotografi Ternama

Untuk program Photo Exhibition, para kurator antara lain Kurniadi Widodo (Yogyakarta), Ng Swan Ti (Jakarta), dan Sayed Asif Mahmud (Dhaka, Bangladesh) telah memilih 15 karya buatan fotografer dari 12 negara.

Baca Juga : Isi Kegiatan, Universitas BSI Gelar Pelatihan Fotografi

Karya-karya tersebut melalui dua proses seleksi, yakni penjaringan terbuka yang mengumpulkan 398 karya dari 47 negara dan kedua jalur undangan kuratorial. Fotografer terpilih untuk memamerkan karyanya antara lain Chris Bunjamin (Jakarta), Putu Sayoga (Bali), Roger Grasas (Spanyol), Maria Lax (Finlandia), serta Sina Niemeyer (Jerman).

Pameran foto ini akan tersebar di Kota Tua, termasuk di situs-situs bersejarah, seperti Candra Naya & Novotel Jakarta Gajah Mada, MULA Kotatua Jakarta, dan Historia Food & Bar.

Selain Photo Exhibition, sobat milenia selaku pengunjung bisa mengikuti presentasi dan perdebatan beragam isu seputar fotografi. Yakni melalui program Workshop, Public Lecture, Discussion, dan Artist Talk. 

Baca Juga : Leica SL2-S, Kamera Mirrorless Dengan Kecepatan 25 FPS

JIPFest 2021 Bantu Pulihkan Pariwisata Jakarta

Untuk mendukung pemulihan pariwisata Jakarta, JIPFest 2021 juga menghadirkan dua program wisata akhir pekan di Kota Tua. yakni Festival Tour dan Urban Photo Tour.

Selain itu, demi menyediakan ruang bagi partisipasi publik, JIPFest 2021 memiliki program Fringe. Dalam program ini, komunitas dan organisasi dari penjuru Indonesia bisa menghadirkan acara mereka sendiri dalam JIPFest.

Demi keamanan dan kenyamanan pengunjung, seluruh rangkaian acara JIPFest 2021 berlangsung dengan menerapakan protokol kesehatan yang ketat sesuai aturan dari pemerintah. Seluruh panitia dan bintang tamu telah menerima dua dosis vaksin COVID-19 serta menjalani tes COVID-19 selama festival.

Pengunjung festival berumur 12 tahun keatas juga wajib mendapatkan dosis vaksin COVID-19 dan mendaftar secara daring sebelum menghadiri acara. Selain itu, seluruh venue festival juga hanya memiliki kapasitas maksimum 50 persen dari keseluruhan kapasitas.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here