Beranda Event LAM INFOKOM Akan Luncurkan SALAM untuk Manajemen Akreditasi Program Studi

LAM INFOKOM Akan Luncurkan SALAM untuk Manajemen Akreditasi Program Studi

Milenianews.com, Depok – Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) 2021 hari ke-5 telah selesai dilaksanakan secara daring pada Jum’at (5/11). Pada sesi pertama terdapat 2 narasumber dari LAM INFOKOM (Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer) yang membawakan materi bertajuk “Klinik LAM INFOKOM”.

Dua Narasumber yang hadir pada sesi pertama antara lain, Prof. Dra. Sri Hartati, MSc., PhD selaku ketua Dewan Eksekutif LAM INFOKOM dan Prihandoko, S.Kom, MIT, PhD selaku sekretaris Dewan Eksekutif LAM INFOKOM. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari perguruan tinggi negeri maupun swasta seluruh Indonesia.

Baca Juga : Klinik LAM INFOKOM : Instrumen Akreditasi Program Studi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri

- Advertisement -

Prof. Sri menyampaikan jika kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan pengenalan tentang LAM INFOKOM yang nantinya akan menggantikan BAN-PT untuk akreditasi Program Studi (prodi) di sebuah perguruan tinggi.

“LAM atau Lembaga Akreditasi Mandiri merupakan sebuah Lembaga akreditasi yang dibentuk oleh pemerintah maupun masyarakat untuk akreditasi program studi perguruan tinggi berdasarkan rumpun, pohon, dan/atau cabang ilmu pengetahuan yang ditetapkan oleh Menteri pendidikan” jelas Prof. Sri, pada acara yang digelar juga secara offline di kampus Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Margonda, Depok, Jum’at (5/11).

- Advertisement -

Lanjutnya, Prof. Sri mengungkap jika saat ini, terdapat 5 cabang ilmu pengetahuan yang sudah terbentuk Lembaga Akreditasi Mandiri dan mendapat pengakuan dari Menteri. LAM tersebut antara lain LAM-PTKes (Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan), LAMSAMA (Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal), LAMEMBA (Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi), LAM Kependidikan, dan LAM INFOKOM (Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer).

“LAM INFOKOM ini bertujuan untuk melakukan proses asesmen kecukupan dan asesmen lapangan sebagai bahan untuk menentukan status akreditasi prodi di perguruan tinggi. Serta bertujuan untuk memberikan rekomendasi perbaikan terhadap prodi jika terdapat kekurangan,” ujar Prof. Sri.

Senada dengan yang diungkapkan Prof. Sri, Prihandoko juga menjelaskan jika LAM INFOKOM diperkirakan akan mulai launching pada tanggal 1 Desember 2021. Sehingga sudah bisa mulai melaksanakan Akreditasi Program Studi pada 1 Maret 2021.

“Kategori yang akan digunakan oleh LAM INFOKOM mengacu pada Permenristekdikti No. 32 Tahun 2016, yaitu Terakreditasi dan Tidak Terakreditasi. Untuk program studi terakreditasi digunakan peringkat Unggul, Baik Sekali, dan Baik” ungkap Prihandoko.

Selanjutnya, Prihandoko juga mengungkapkan jika LAM INFOKOM telah menyediakan sebuah platform untuk membantu perguruan tinggi untuk memantau prodi di sebuah perguruan tinggi.

Baca Juga : Aptikom Dukung Percepatan Tranformasi Digital

“SALAM, atau singkatan dari Sistem Akreditasi LAM INFOKOM merupakan sebuah sistem yang bisa membantu perguruan tinggi dalam mengelola akreditasi program studi. Banyak fitur yang terdapat dalam sistem ini, salah satunya adalah pengajuan akreditasi. Pengajuan akreditasi setiap prodi bisa dilacak menggunakan fitur Tracking Pengajuan Akreditasi mulai dari upload berkas, pembayaran, hingga melihat hasil keputusan akreditasi dan unduh SK” tutup Prihandoko.(Abdul Latif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Tom Holland Tanggapi Rumor Trilogi Spider-Man Baru

Milenianews.com - Spider-Man: No Way Home belum lama ini memiliki rumor jika Spider-Man masih akan berada di Universe MCU (Marvel Cinematic Universe). Kabarnya film...

Sendiri yang Ramai

Oleh : Miss Karhan Semua kusut tak dapat ku urai, Hanya air mata Menjelaskannya lewat derai Bibirku diam tanpa ucap, Batinku asik sendirian Bercakap cakap Riuh sekali pikiranku, Sedang aku...

Universitas Nusa Mandiri Sosialisasikan Pencegahan HIV/AIDS dengan Talkshow

Milenianews.com, Jakarta - Tanggal 1 Desember menjadi tanggal peringatan Hari AIDS Sedunia. Seiring dengan peringatan hari AIDS sedunia, Universitas Nusa Mandiri (UNM) mengadakan talkshow...

Disney Anggarkan Rp437 triliun Untuk di Tahun 2022

Milenianews.com - Disney mengungkapkan rencana mereka untuk satu tahun 2022 dengan anggaran konten streaming menjadi USD33 miliar atau sekitar Rp473 triliun. Jika kita bandingkan dari anggaran...