Beranda News Ingin Jadi Technopreneur? Sobat Milenia Bisa Pilih Jurusan Ini

Ingin Jadi Technopreneur? Sobat Milenia Bisa Pilih Jurusan Ini

Milenianews.com – Technopreneur merupakan gabungan kata dari teknologi dan entrepreneur, yang berarti membuat atau menciptakan suatu usaha di bidang teknologi. Singkatnya ketika menjadi Technopreneur, sobat milenia mejadi seorang wirausaha di bidang teknologi. Namun, saat ini technopreneur lebih erat kaitannya dengan startup.

Bisnis startup menjadi trend saat ini, yang mana erat kaitannya dengan perusahaan rintisan yang mendapat dukungan layanan di bidang teknologi digital. Oleh karena itu, kerap kali kita ganti dengan istilah startup.

Saat ini banyak anak muda yang mungkin sobat milenia termasuk salah satunya yang berminat terjun di dunia startup. Untuk mendapat cakupan yang lebih luas agar menjadi technopreneur, perlu membekali diri dengan ilmu pengetahuan yang sesuai di bidang ini.

- Advertisement -

Baca Juga : Manfaatkan Teknologi Untuk Jadi Generasi Technopreneur

Berikut beberapa jurusan kuliah yang bisa membantu mewujudkan mimpimu menjadi seorang technopreneur:

Jurusan Teknologi Informasi

- Advertisement -

Teknologi Informasi, menjadi salah satu jurusan dengan popularitas yang terus meningkat. Jurusan Teknologi Informasi akan membuka peluang kamu berkarier di bidang teknologi dengan sangat gemilang. Beberapa kampus di Indonesia yang membuka jurusan Teknologi Informasi yakni Universitas Atma Jaya, Universitas Gunadarma, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), dan Universitas Tarumanegara.

Jurusan Sistem Informasi

Sistem Informasi juga merupakan jurusan yang masih jadi favorit generasi muda. Sebab, jurusan ini mampu menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang teknologi informasi sehingga mampu menjadi technopreneur.

Beberapa kampus yang membuka jurusan Sistem Informasi yakni Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Universitas Nusa Mandiri (UNM), dan Universitas Multimedia Nusantara.

Baca Juga : 7 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi

Jurusan Manajemen

Manajemen merupakan bidang ilmu yang mempelajari kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan ekonomi dan bisnis. Generasi muda dengan fokus mempelajari ilmu manajemen akan sangat mudah mengelola suatu organisasi, dan layak menjadi pemimpin.

Beberapa kampus yang membuka jurusan Manajemen yakni Universitas Nusa Mandiri (UNM), Institut Pengembangan Manajemen Indonesia (IPMI) International Business School, Universitas BSI, Institut Teknologi Bandung (ITB), dan masih banyak lainnya.

Jurusan Ilmu Komunikasi

Studi Ilmu Komunikasi mempelajari proses penyampaian pesan secara efektif dari komunikator pada komunikan melalui berbagai media. Lulusan jurusan ilmu komunikasi memiliki kompetensi yang cukup komplit.

Kamu, yang ingin masuk kuliah dengan jurusan ini, bisa memilih beberapa kampus yang memiliki jurusan Ilmu Komunikasi yakni Universitas BSI, Universitas Atma Jaya, London School of Public Relations (LSPR), Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, dan lain sebagainya.

Jurusan Informatika

Ilmu yang mempelajari teknologi komputer secara optimal guna menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan proses logika adalah Informatika. Jurusan Informatika ini berkaitan dengan prinsip ilmu komputer yang dapat menjadi bekal menjadi seorang technopreneur.

Beberapa kampus yang membuka jurusan Informatika seperti President University, Universitas Atma Jaya, Universitas Nusa Mandiri (UNM), Universitas Telkom, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 5 Alasan Memilih Jurusan Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Jurusan Bisnis Digital

Bisnis Digital merupakan rumpun ilmu terapan yang mengaplikasikan proses merancang bisnis secara digital. Jurusan Bisnis Digital sangat cocok buat kamu yang ingin menjadi technopreneur.

Beberapa kampus yang membuka jurusan Bisnis Digital antara lain Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Nusa Mandiri (UNM), Universitas Bina Nusantara, Universitas Padjajaran, dan lain-lain.

Jurusan Ilmu Komputer

Nah, kalau Ilmu Komputer merupakan bidang ilmu yang membekali mahasiswanya agar mampu menganalisis, merancang dan mengembangkan teknik komputasi dan algoritma untuk memecahkan masalah komputasi.

Komitmen di bidang ilmu komputer mampu mengasah ide-ide kreatif menjadi semakin brilian. Dan semakin memantapkan langkah menjadi technopreneur sejati.

Beberapa kampus yang membuka jurusan Ilmu Komputer yakni Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas BSI, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Nusa Manidri, Universitas Brawijiya, dan lain sebagainya.

Jurusan Teknologi Komputer

Jurusan ini memiliki keahlian sistem computer, baik hardware maupun software serta menguasai sistem informasi berbasis jaringan komputer. Lulusan jurusan Teknologi Komputer akan memiliki keahlian di bidang teknologi komputer dan jaringan kreatif, memiliki integritas dan moral serta berjiwa entrepreneur sehingga cocok untuk yang ingin menjadi technopreneur.

Beberapa kampus yang membuka jurusan ini yakni Universitas BSI, Universitas Multimedia Nusantara, Institut Teknologi Bandung (ITB) , Universitas Telkom, dan sebagainya.

Bagimana, sobat milenia tertarik untuk menjadi seorang technopreneur? Beberapa jurusan kuliah diatas bisa menjadi pilihan buat sobat milenia yang tertarik terjun menjadi Technopreneur. Segera daftarkan diri kalian di website PMB di masing-masing kampus tujuan kalian ya. (Umi Faddilah)

2 KOMENTAR

  1. bener nih, di era semua serba digital jurusannya sangat rekomended untuk dijadikan pilihan.., yang sudah terlanjur dengan jurusan lain hrus tetap semangat…apapun itu kalau serius dikerjakan pasti akan membuahkan hasil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

3 Profesi Tren Untuk Lulusan Jurusan Teknik Industri

Milenianews.com - Jika kamu ingin memiliki kemampuan yang serba bisa, jurusan teknik industri bisa jadi pilihan yang tepat saat kuliah. Mengingat, teknik industri merupakan salah...

Pengabdian Masyarakat : Pentingnya Pengelolaan Website, Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi

Milenianews.com, Tangerang - Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu visi dari Tri Dharma perguruan tinggi di Indonesia untuk mengimplementasikan ilmu para akademisi khususnya dosen....

Skystar Ventures UMN Gelar Demo Day, Ajak Mahasiswa UMN Memperkenalkan Ide Bisnis

Milenianews.com, Jakarta - Inkubator bisnis Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Kompas Gramedia Group, Skystar Ventures UMN, menyelenggarakan Demo Day virtual. Gelaran ini diikuti...

Rahasia Wanita di Lembah Hunza yang Cantik dan Panjang Umur

Milenianews.com - Lembah Hunza, sebuah daerah lembah bergunung di Utara Pakistan. Para wanita di Lembah Hunza, terkenal dengan paras yang cantik dan awet muda. ...