Cara Obati Luka Akibat Pisau Cukur

Cara Obati Luk

Milenianews.com – Mengalami luka saat mencukur kumis atau janggut? Hal itu sudah biasa terjadi, pada kalangan orang dewasa. Luka dari pisau cukur bisa berupa ruam dan cukup sakit. Hal pertama yang harus dilakukan, dengan tidak mencukur area yang terkena lagi sampai sembuh.

Jika setelah itu, ruam masih ada dan mengganggu, ada beberapa cara untuk membantu percepatan penyembuhannya. Menurut pakar dermatologi Rhonda Q. Klein, MD dari Modern Dermatology PC di Connecticut.

Baca Juga : Jika Mendapat Vaksin Penuh, Amankah untuk Traveling? Berikut Kata CDC

Cara obati luka dari pisau cukur

Ia menuturkan, untuk tidak mencukur dulu dan tetap menggunakan pelembap yang lembut. Gunakan yang non-komedogenik (tidak menyumbat pori), bebas pewangi saat kulit telah pulih,” ujarnya, mengutip Antara, Selasa (7/9).

Selanjutnya, berendam dalam oatmeal bisa menjadi upaya meredakan gatal. Caranya, tambahkan satu cangkir oatmeal koloid (bukan jenis oatmeal yang biasa dimakan), ke dalam air hangat. Diamkan selama 20 menit.

Selain itu, bisa menambahkan cuka putih ke dalam air mandi untuk meredakan iritasinya. “Cuka putih punya sifat antimikroba dan dapat menangkis folikulis,” jelasnya.

Untuk cuka putih, cukup sebanyak satu hingga dua cangkir ke dalam bak mandi, lalu berendam selama 20 menit, lalu bilaslah kulit dengan air dingin.

Sementara itu, pakar dermatologi dari Mount Sinai School of Medicine, Debra Jaliman mengatakan, produk dengan bahan anti-inflamasi juga dapat membantu.

“Lidah buaya bisa memberikan sedikit ketenangan dan sejuk,” katanya.

Baca Juga : 4 Khasiat Rutin Konsumsi Air Kelapa Campur Madu

Potensi lidah buaya untuk menyembuhkan luka bakar tingkat satu dan dua, cukup efektif. Olesan lidah buaya murni, cocok untuk obati luka akibat pisau cukur dengan mengoleskannya ke area luka.

Tetapi, bila tidak satu pun dari pengobatan ini membantu meringankan gejala luka akibat pisau cukur Anda, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.(Rifqi Firdaus)

Respon (10)

  1. Perih banget ya walaupun alat cukur tu kecil, biasanya kalau ada yang kena gitu diemin aja sembuh sendiri, tapi emang lama
    Skrg jadi tau tipsnya deh😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *