Beranda Pendidikan Mau Kuliah S2? Yuk Simak 10 Jurusan Paling Dibutuhkan dan Banyak Dicari

Mau Kuliah S2? Yuk Simak 10 Jurusan Paling Dibutuhkan dan Banyak Dicari

Milenianews.com, Jakarta – Melanjutkan kuliah Pascasarjana (S2) dan memilih jurusan kuliah yang tepat agar berdampak positif pada kelancaran studi. Bulatkan tekad dan niat untuk lanjutkan studi hingga jenjang Pascasarjana.

Pertimbangkan kebutuhan skill dunia industri dan keahlian yang akan jadi trend di masa yang datang. Karena akan sangat berkesinambungan kelak saat lulus kuliah, keahlian dan keterampilan yang kita miliki dengan kebutuhan dunia kerja.

Baca Juga : Gagal SBMPTN? Lakukan Hal ini, Agar Tetap Bisa Kuliah dengan Beasiswa

Simak yuk, 10 jurusan kuliah Pascasarjana (S2) paling dibutuhkan dan banyak dicari berikut ini:

1. Akuntansi

- Advertisement -

Kebutuhan tenaga kerja profesional bidang akuntansi terus meningkat. Permintaan akan tenaga kerja akuntansi meningkat sekitar 20% pada tahun 2020, seperti melansir edukasi.kompas.com. Lulusan S2 jurusan akuntansi paling banyak dicari dan dibutuhkan.

Pasalnya, hampir semua perusahaan swasta maupun BUMN membutuhkan kemampuan para akuntan untuk mengelola keuangan dan keperluan administrasinya. Kampus yang menyediakan jurusan Akuntansi dengan jenjang S2, salah satunya adalah Universitas Gajah Mada (UGM).

- Advertisement -

Kampus UGM memiliki program magister akuntansi (M. Acc). Program studi ini mengantisipasi dan menanggapi kebutuhan profesional individu serta pejabat pemerintah dalam lingkungan bisnis yang dinamis saat ini. Program ini menawarkan konsentrasi pada akuntansi publik, akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, manajemen sistem informasi dan audit.

2. Ilmu Komputer

Prodi Magister Ilmu Komputer Nusa Mandiri

Kuliah jurusan teknologi memang cukup menarik. Karena perkembangan teknologi khususnya di bidang komputer yang kian hari makin pesat. Kebutuhan ahli di bidang teknologi komputer semakin banyak.

Saat ini, hampir semua aspek kehidupan mengandalkan teknologi komputer. Oleh karena itu, lulusan magister ilmu komputer tentunya akan semakin banyak jadi incaran. Untuk menjawab tantangan yang semakin rumit ini, butuh pengetahuan dan keahlian yang mumpuni dan handal.

Salah satu kampus swasta terbaik yang menyelenggarakan program studi ilmu komputer yakni Universitas Nusa Mandiri (UNM), dengan akreditasi B (Baik Sekali). Program studi ilmu komputer UNM senantiasa mengedepankan inovasi berbasis teknologi informasi pada tahun 2035.

Magister ilmu komputer (M. Kom) UNM menyediakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri masa depan, dengan tiga konsentrasi yakni, Image Processing, Data Mining dan Software Engineering.

Bidang ilmu komputer ini pun senantiasa mendukung kegiatan inovatif serta industri kreatif. Melalui penerapan teknologi informasi, bisa mempercepat menuju masyarakat yang berkualitas dan berinovasi di bidang ilmu komputer.

3. Manajemen

Program studi magister Manajemen merupakan program pendidikan tinggi jenjang S2. Jurusan ini untuk para manajer muda dan calon manajer yang ingin unggul dalam karier saat ini dan menyiapkannya untuk tantangan masa depan.

Salah satu kampus swasta yang menyelenggarakan program magister manajemen yakni Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie (KKG).

Di kampus ini mahasiswa punya kesempatan mengembangkan diri menuju karier yang sukses sebagai manajer yang berkewirausahaan (enterpreneurial manager). Kesuksesan dapat tercapai melalui peningkatan kapasitas belajar menghadapi lingkungan bisnis masa depan yang kompleks dan dinamis.

Jurusan S2 manajemen KKG punya tiga konsentrasi yakni manajemen pemasaran, manajemen keuangan dan manajemen strategik, dengan kurikulum yang selalu up-to-date.

4. Teknik Industri

Perusahaan sangat membutuhkan magister teknik industri (MTI). Banyak perusahaan besar yakni perusahaan infrastruktur, perusahaan startup, perusahaan robotik sangat membutuhkan tenaga ahli bidang engineering.

Jurusan teknik industri menjadi gelar pascasarjana yang paling populer, terlebih lagi banyak dunia kerja dan industri membutuhkan tenaga yang ahli di bidang engineering secara profesional. Salah satu, kampus swasta yang menyelenggarakan pendidikan MTI yakni Universitas Telkom.

Program studi ini menjawab kebutuhan industri nasional baik sektor manufaktur maupun sektor jasa yang membutuhkan SDM berbasis teknik industri.

Lulusan MTI akan mampu memecahkan masalah dalam bidang proses produksi yang efektif dan efesien dengan memberi nilai tambah pada mata rantai industri yang berdaya saing.

5. Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi (S2) akan sangat berguna pada semua sektor kehidupan manusia termasuk sektor industri, perusahaan swasta dan pemerintahan. Lulusan program studi magister ilmu komunikasi punya kemampuan analisis terkait semua fenomena komunikasi baik yang terjadi pada lingkungan kerja maupun lingkungan sosial.

Program studi S2 komunikasi mampu menganalisis digital marketing komunikasi, branding in strategic communication serta viral campaign melalui media sosial. Semua bidang tersebut dapat memanfaatkan seluruh sektor bisnis karena komunikasi merupakan kebutuhan utama setiap perusahaan atau industri.

Komunikasi secara internal maupun eksternal dalam perusahaan harus terjaga dalam hubungan baik dengan mitra, klien, customers, pelanggan, pembeli serta stakeholders. Tugas tersebut, secara keseluruhan akan menjadi tugas dan tanggungjawab lulusan S2 ilmu komunikasi.

Kampus swasta yang menyelenggarakan program studi S2 ilmu komunikasi yakni Universitas Bina Nusantara (BINUS). Banyak ilmu pengetahuan yang lebih tinggi pada program studi S2 komunikasi ini, dengan peluang karier yang sangat menjanjikan masa depan tentunya.

6. Desain

Ilmu desain jadi trend belakangan ini. Banyak perusahaan yang cari ahli desain untuk hal-hal yang berkaitan dengan karya desain. Lulusan magister desain punya banyak peluang yang terbuka lebar.

Program studi ini berfokus pada desain sebagai praktik penelitian inklusif dengan fokus interdisipliner. Jurusan magister desain dengan gelar M. Ds mampu mengembangkan bakat dan menguuasai peluang sesuai tuntutan zaman di bidang desain.

Salah satu kampus yang menyelenggarakan magister desain yakni Institut Teknologi Bandung (ITB). Program magister desain ITB punya dua peminatan yaitu Minat Desain dan Jalur Minat Teori Desain.

7. Bioteknologi

Bidang ilmu Bioteknologi menjadi jurusan kuliah S2 yang memanfaatkan dan memodifikasi proses selular dan biomolekular. Keilmuan bioteknologi termasuk salah satunya untuk pengembangan teknologi dan produk-produk hayati yang dapat meningkatkan kualitas hidup manusia dan lingkungan.

Perkembangan bioteknologi semakin pesat, dengan menggunakan bioteknologi modern mampu menghasilkan berbagai produk terobosan dan teknologi.

ITB menjadi salah satu kampus terkemuka yang memiliki dan membuka program studi magister bioteknologi.

Program studi ini untuk menghasilkan sumber daya manusia yang handal di bidang bioteknologi. Lulusannya mampu mengembangkan sumber daya alam hayati jadi produk-produk yang punya nilai tambah dalam bidang pertanian.

8. Kesehatan Masyarakat

Di Bidang Kesehatan, saat ini juga semakin banyak membutuhkan tenaga kerja. Meningkatnya pemahaman akan kesehatan dan munculnya kebijakan-kebijakan bidang kesehatan, maka butuh banyak ahli di bidang kesehatan masyarakat. Universitas Airlangga menjadi salah satu kampus yang menyelenggarakan program pascasarjana kesehatan masyarakat.

Program studi ini menyelenggarakan pendidikan akademik di bidang kesehatan masyarakat berbasis teknologi. Lulusan pascasarjana kesehatan masyarakat akan punya keahlian dalam pelayanan publik bidang kesehatan masyarakat.

Magister kesehatan masyarakat mampu melakukan penelitian inovatif masalah bidang kesehatan. Harapannya lulusan program studi ini juga mampu mengembangkan pelayanan kesehatan secara holistik.

Program magister ilmu kesehatan masyarakat Universitas Airlangga punya lima peminatan yakni biostatistik, gizi masyarakat, promosi kesehatan dan ilmu perilaku, kesehatan ibu dan anak, dan kesehatan jiwa masyarakat.

Lulusan magister ilmu kesehatan masyarakat punya kemampuan komunikasi, berpikir kritis dan mampu meneliti akar masalah. Juga bisa memutuskan pilihan solusi pemecahan yang berdasarkan teori dan konsep.

9. Matematika

Ilmu pengetahuan berbasis abstraksi, perkembangan matematika komputasional mendorong berkembangnya bidang ilmu matematika. Lulusan magister matematika mampu mengembangkan kegiatan penelitian matematika dan multidisipliner.

Layanan informasi matematika dapat membantu masyarakat dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan matematika, sains dan teknologi. Harapannya, lulusan magister matematika mampu menjadi ahli matematika yang handal.

Universitas Indonesia (UI) dengan fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam (FMIPA) sudah cukup terkenal dan familiar. Perkembangan teknologi saat ini turut mempengaruhi dan menjadi tantangan tersendiri bagi matematikawan akademisi dalam menyusun kurikulum yang dapat mengatasi kebutuhan keahlian matematika untuk masa depan.

10. Teknologi Pendidikan

Magister teknologi pendidikan menawarkan kesempatan untuk terlibat secara intensif dengan bidang pendidikan dalam arti luas. Kemajuan teknologi informasi mendorong tuntutan masyarakat akan personel yang berkualitas, progresif dan kreatif pada berbagai bidang pelatihan pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia.

Lulusan magister teknologi pendidikan akan memperoleh keterampilan dalam mengembangkan teknologi instruksional dalam pendidikan sebagai pelatih yang kompeten dan perencana program. Bisa juga menjadi pengembang kurikulum kritis dan kreatif, manajer pelatihan yang efisien dan lembaga pendidikan yang unggul dalam perencanaan strategis.

Universitas Pelita Harapan (UPH) menjadi salah satu kampus swasta yang menyelenggarakan program magister teknologi pendidikan. Dengan konsentrasi pada teknolgoi pendidikan, manajemen pendidikan, pendidikan anak usia dini, dan pengajaran bahasa inggris untuk penutur bahasa lain.

Baca Juga : 10 Kampus Swasta dengan Lulusan Cepat Kerja

Itu tadi penjelasan 10 jurusan kuliah Pascasarjana (S2) untuk kebutuhan masa depan. Bisa menjadi bahan pertimbangan Sobat, saat akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Pascasarjana.

Dunia teknologi masih menjadi sangat favorit saat ini, kamu bisa pilih Universitas dengan program studi yang mengedepankan inovasi di bidang teknologi.(Umi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Konami Ubah PES Jadi eFootball dan Gratis untuk Dimainkan

Milenianews.com - Belum lama ini, Konami secara resmi mengumumkan kabar mengejutkan. Kabarnya perusahaan yang berbasis di Jepang ini mengumumkan bahwa tidak akan meluncurkan seri Pro...

Kisah Khaby Lame, Miliarder yang Pernah Jadi Buruh Pabrik

Milenianews.com, Jakarta - Siapa yang bukan followers nya influencer asal Italia, Khaby Lame. Sepertinya Sobat Milenia, banyak yang mengikutinya. Lewat akun TikTok dan Instagram @khaby00,...

Drakor Nevertheless Relate Dengan Kisah Cinta Remaja Indonesia

Milenianews.com - Drama Korea (Drakor) memang selalu menjadi tren di Indonesia. Hingga belum lamna ini para pecinta drakor ramai membicarakan karakter Park Jae Eon dari...

Drakor Hometown Cha-Cha-Cha Tayang 28 Agustus di Netflix

Milenianews.com - Drama Korea terbaru berjudul "Hometown Cha-Cha-Cha" akan tayang di Netflix pada 28 Agustus mendatang. Drama bergenre romantis ini menghadirkan Dua aktor populer Shin...