Home News Dosen UBSI Bagikan Tips Identifikasi Konten Hoaks di Internet

Dosen UBSI Bagikan Tips Identifikasi Konten Hoaks di Internet

11

Milenianews.com, Purwakarta – Dosen Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Dan Informatika Universitas Bina Sarana informatika (UBSI) mengadakan Pengabdian Masyarakat. Pengabdian Masyarakat ini merupakan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi. Kegiatan ini berlangsung di Aula Yayasan Raudhah Syarifah, Kp. Dangdeur RT. 10 RW. 03 Desa Dangdeur Kecamatan Bungursari Kab. Purwakarta. Kegiatan yang mengusung tema “Penyuluhan Identifikasi Dan Pencegahan Konten Hoaks Internet Di Masa Pandemi” ini dilaksanakan pada Sabtu, 17 April  2021.

Ketua pelaksana kegiatan ini, Walim, M.Kom bersama dengan anggota Nurul Ichsan, M.Kom, Salman Alfarizi, M.Kom dan Eka Fitriani, M.Kom serta dua mahasiswa yang membantu melaksanakan kegiatan ini secara daring.

“Dalam rangka mematuhi himbauan pemerintah dan menerapkan prokes, maka kegiatan Pengabdian Masyarakat ini berlangsung secara Daring menggunakan Virtual Meeting.” Ujar Walim dalam rilis yang Milenianews terima pada Selasa(4/5).

Baca Juga : UBSI Asah Kompetensi Karang Taruna Beji Melalui Pengabdian Masyarakat

Identifikasi Konten atau Berita Hoaks di Internet

Nurul Ichsan selaku tutor memaparkan materi mengenai dampak positif dan negatif penggunaan internet. Terutama penyebaran Konten atau Berita Bohong di Internet. Dalam hal ini Ichsan memberikan tips tentang cara mengecek keaslian sebuah berita. Diantaranya Mewaspadai Judul-judul berita yang provokatif, Mencermati alamat situs Web, selalu mengecek info Gambar yang tersebar, dan mengikuti informasi terbaru dengan mengkases situs official guna menghindari konten bohong/hoaks.

“Pengambilan Judul Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bukan tanpa alasan. Melihat data terbaru yang di himpun cekfakta.com, jumlah hoaks yang tersebar di Indonesia mencapai 2.024. Jumlah itu terhitung sejak tanggal 1 Januari-16 November 2020 sudah sangat mengkhawatirkan dan terus meningkat di saat pandemi sekarang ini” Kata Walim.

Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari pimpinan yayasan dan para peserta yang mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat ini.

“Sangat bermanfaat sekali, terutama bagi saya orang awam yang sebelumnya sering sekali mengklik ataupun membagikan link info ke grup-grup di watssapp tanpa mengecek lagi isi info dan kebenarannya” Ujar salah satu peserta kegiatan.

Sementara itu, Pimpinan Yayasan Raudhah Syarifah, Ust. Dede Ali Yusuf, S.Pd mengungkapkan rasa terimakasihnya telah memberikan pengetahuan tentang cara identifikasi konten atau berita hoaks di Internet.

“Terimakasih sudah berbagi ilmu dan pengalamannya kepada kami semua. Saya harap kegiatan semacam ini akan terus ada di masa-masa yang akan datang” harap Dede Ali.

11 COMMENTS

  1. Terima kasih bapak ibu dosen, sudah memberikan ilmu nya kepada kami semua, sangat bermanfaat sekali untuk ke depannya.. 😊🙏

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version