Indeks
News  

KRI Nanggala-402 Masih Hilang, Beberapa Negara Tawarkan Bantuan Pencarian

Kapal Selam Nangala 402

Milenianews.com, Jakarta – Kapal selam milik Angkatan Laut TNI, KRI Nanggala-402 hilang kontak saat jalani latihan di Perairan Bali, Rabu (21/4) kemarin.

Hilangnya kontak KRI Nanggala-402 terjadi sekitar pukul 04.25 setelah melakukan peluncuran torpedo nomor 8. Setelah peluncuran tersebut, tiba-tiba komunikasi terputus.

Baca Juga : Videonya Viral Mengaku Nabi ke-26, Jozeph Paul Zhang Diburu Interpol

“Saat peluncuran torpedo nomor 8, menjadi komunikasi terakhir dengan KRI Nanggala, saat komandan Gugus Tugas latihan akan meberikan otorisasi penembakan torpedo. Di situlah komunikasi terputus, kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Achmad Riad, Rabu (21/4).

Upaya pencarian terhadap KRI Nanggala-402 pun telah dilakukan. TNI Angkatan Laut mengerahkan semua kekuatannya. Terakhir kali kontak, lokasinya berada di 60 mil Utara perairan Bali.

Beberapa negara telah mengirimkan kapal rescue untuk mencari KRI Nanggala-402

Achmad juga menjelaskan bahwa bantuan pencarian datang dari beberapa negara. Ada banyak negara yang menawarkan bantuan pencarian.

“Ada banyak tawaran bantuan pencarian dari Amerika, Jerman, Prancis, Turksi, India, Rusia, dan Australia juga. Tapi nanti kita akan ikuti prosedur,” katanya.

Untuk hal ini, Achmad menyebut bahwa Panglima TNI sudah berkoordinasi dengan Menteri Luar Negeri. Sementara itu, bantuan dari Singapura akan datang kapal rescue yang akan tiba pada 24 April 2021.

Baca Juga : Universitas Nusa Mandiri Gelar TRIPOD Bahas Prodi Ilmu Komputer

“Bantuan dari negara tetangga juga ada. Pertama dari Singapura berupa kapal. Kapal ini penyelamat kapal selam yang mengalami kendala di dalam air,” jelasnya.

Selain Singapura, ada juga negara Malaysia yang juga mengirimkan kapal rescue yang akan tiba pada 26 April 2021.(Rifqi Firdaus)

Exit mobile version