Indeks

Membedah Strategi Bisnis Berbasis Teknologi di Era Digital Lewat Ajang Win Your Future 2021

Kompetisi Win Your Future

Milenianews.com, Jakarta – Bermunculannya usaha-usaha baru di tengah masyarakat satu tahun belakangan ini menjadi trend. Hal tersebut merupakan cara bertahan hidup setelah pandemi masuk mengubah tatanan masyarakat dunia.

Larangan bertatap muka langsung dan berkumpul membuat bisnis berbasis digital harus segera terakomodir. Mengingat, momentum banyak orang yang beraktivitas dari rumah bisa menjadi peluang.

Baca Juga : Microsoft Ingin Membeli Discord Senilai Rp 144 Triliun

Menurut data dari Dailysocial.id mengatakan, ada 7 sektor digital yang berkembang pesat setelah masuknya pandemi.  Yakni e-commerce, transportasi  dan kuliner, online travel, online media, serta financial service.

Pada tahun ini, riset menambahkan dua lanskap bisnis baru, yakni healthtech dan edtech. Hal inilah yang mendorong banyak perusahaan melakukan upgrade secara cepat dan berkesinambungan pada sistem teknologi mereka, untuk dapat bertahan di pasar bisnis.

Tentu sebuah peluang besar untuk segera terjun membangun bisnis bagi pemula, khususnya anak muda yang fasih dengan teknologi. Namun, perlu kita tahu, hal utama sebagai penopang adalah konsep ide yang kreatif, dengan perencanaan, strategi, maupun riset yang mendalam terutama membaca kebiasaan ataupun rutinitas konsumen yang berubah drastis sejak pandemi.

Win Your Future hadir sebagai wadah pebisnis muda kembangkan bisnisnya

Fakta inilah yang mendasari Universitas Prasetiya Mulya akan kembali menggelar Win Your Future (WYF). Kegiatan tahunan ini menantang anak muda Indonesia untuk menginisiasi ide bisnis dan teknologi terkini, kreatif, serta inovatif, yang mampu menjawab tantangan di era digital.

Bukan hanya sekedar kompetisi bisnis, Win Your Future juga menjadi movement untuk para calon pebisnis muda. Pada cara ini, mereka akan mendapat pemahaman, gambaran, dan arah yang lebih jelas untuk mulai merintis usaha di berbagai bidang.

Ajang yang mengusung tema ‘Business in Digital Era’ ini membuka kesempatan bagi siswa/i tingkat SMA/ Sederajat serta mahasiswa tingkat Sarjana seluruh perguruan tinggi Indonesia untuk memilih salah satu ide bisnis dari enam kategori yang dikompetisikan. Yakni AgriTech, EduTech, EnergyTech, FinTech, MedTech, dan TourismTech.

Gelaran ini akan mulai dari bulan Maret hingga Juni 2021. Sementara itu, Win Your Future 2021 terselenggara dengan berbagai kegiatan. Salah satunya Inspiring Talkshow: A Guide to Make Sense of “EverythingTech” bersama para praktisi dan pebisnis muda yang sukses di bidangnya.

Pendaftaran dan tahapan kompetisi

Calon peserta dapat mengajukan ide bisnis mereka mulai 20 Maret hingga 27 April 2021 sesuai kategori yang dipilih. Kemudian, bagi peserta yang lolos seleksi tahap 1 (administratif) akan melanjutkan langkahnya pada workshop session dengan narasumber praktisi bisnis sekaligus Faculty Member Universitas Prasetiya Mulya.

Dalam sesi ini, para peserta akan diarahkan bagaimana mengembangkan ide bisnis menjadi kerangka yang lebih terstruktur, baik dari sisi marketing, finance, human resource, production, dan aspek bisnis lainnya.

Selanjutnya, setelah para peserta mengumpulkan proposal bisnis hasil workshop session, kompetisi akan masuk ke babak eliminasi Top 30 dari masing-masing kategori peserta. Yang semakin menarik dari kompetisi ini, para peserta terpilih ini akan masuk ke tahap coaching.

Tak main-main, sesi ini akan menghadirkan sosok pebisnis muda yang sudah sukses dengan startup mereka masing-masing. Selain dari sisi business management, para peserta pun akan mendapatkan insight menyeluruh untuk pengembangan teknologi terkini.

Menuju tahap akhir, dua tim terunggul dari masing-masing kategori akan diberikan mentoring khusus dari para praktisi bisnis yang kredibel. Ini semua akan bermanfaat untuk penyempurnaan proposal bisnis para peserta dan relevansinya dengan kondisi bisnis saat ini.

Baca Juga : Agile Circles Gelar Online Meetup Bersama Sinarmas Mining

Proses panjang yang harus peserta lalui, membuktikan Win Your Future 2021 merupakan ajang bergengsi yang akan mengasah kemampuan anak muda dan membuktikan kreativitas mereka dalam mengembangkan bisnis dan teknologi yang mampu menjawab kebutuhan zaman.

Hal ini juga menunjukkan bahwa tidak ada proses yang instan dalam berbisnis. Namun di sinilah tantangan, sekaligus kesempatan emas bagi para business enthusiast untuk mewujudkan bisnis impiannya. #AyoMulaiBisnis hari ini!.(Rifqi Firdaus)

Exit mobile version