Beranda News MileniaNews, Dorong Generasi Muda Terampil Menulis Berita

MileniaNews, Dorong Generasi Muda Terampil Menulis Berita

Milenianews.com, Jakarta – Milenianews sebagai portal media yang mengedepankan informasi bagi generasi milenial, sukses ajak kaum muda belajar menulis berita. Portal berita dengan tagline “Info Terkini Generasi Milenial” ini, senantiasa hadir menyuguhkan informasi-informasi segar dan terkini, dengan gaya bahasa milenial.

Sebagai gerbang penyaji informasi-informasi terkini dengan gaya bahasa yang menarik dan mudah dipahami, MileniaNews senantiasa hadir dan berbagi pengetahuan di bidang tulis menulis. Kegiatan workshop dengan tema ‘Write Like A Journalist‘ telah sukses digelar secara daring melalui Zoom, Rabu (24/2) pukul 13.00-15.00 WIB.

Baca Juga : Lembaga Bahasa UBSI Gelar Workshop and English Training Section For TOEFL

Acara ini menghadirkan Irwan Kelana, redaktur senior harian Republika, sebagai narasumber.

Irwan memaparkan materi tentang “Menulis dengan Gaya Seorang Wartawan” untuk generasi milenial. Dalam pemaparannya tersebut, ia menjelaskan bahwa menulis suatu peristiwa atau hasil wawancara harus sesuai dengan rumusan penulisan berita. Sehingga tulisan tersebut layak dimuat di media massa.

“Agar dapat menulis berita layaknya seorang wartawan, kita perlu terampil dalam menyusun dan merangkai kata sesuai dengan rumus penulisan berita,” ujarnya saat memaparkan materi, Rabu (24/2).

Menurutnya, ada banyak manfaat yang didapat jika terampil dalam menulis berita. Yakni mampu mengelola tulisan di website sekolah/kampus, mengisi buletin sekolah/kampus, mengisi majalah dinding sekolah dan tulisan kita bisa tampil di media cetak maupun online.

“Selain itu, jika kita terampil menulis berita, bisa magang jadi wartawan di sebuah media cetak maupun online. Selain itu juga bisa ikut lomba menulis berita, dapat beasiswa kuliah, juga bisa mendapat portofolio untuk melamar pekerjaan,” ungkapnya.

“Kita pun perlu paham struktur berita, penulisan judul, teras berita, dan batang tubuh berita. Semua ini agar berita yang kita buat mudah dipahami pembaca dan informasi yang tertulis sampai kepada pembaca dengan baik dan benar,” katanya.

Generasi milenial harus mampu menulis dengan baik

Foto : Workshop Write Like a Journalist Milenianews

Dalam acara yang dihelat selama 2 jam lebih tersebut, Irwan berharap kegiatan workshop yang ini dapat menjadi inspirasi bagi generasi milenial dalam kegiatan menulis berita.

Selain memaparkan materi, Irwan juga mempraktikkan secara langsung cara menulis berita dengan rumus 5W+1H.

“Semoga kegiatan ini mendatangkan manfaat dan keberkahan buat generasi milenial. Semakin terampil dan cakap dalam memberi informasi agar tak banyak lagi berita-berita hoax yang menyesatkan,” tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Muhammad Rifqi Firdaus, kepala redaksi MileniaNews punya hasrat lebih, dalam penyelenggaraan workshop ini. Ia ingin mengajak generasi muda agar bisa menulis secara baik, terutama dalam melaporkan kejadian atau pengalaman yang ingin dibagikan lewat tulisan.

“Saya ingin mengajak generasi muda, untuk belajar menulis yang sesuai dengan kaidah jurnalistik. Karena tulisan harus memuat informasi yang lengkap dan mudah dipahami saat dibaca khalayak luas. Sehingga pesan yang akan disampaikan dapat diterima dengan baik dan akurat,” katanya.

Baca Juga : Workshop Pemanfaatan Video Conference pada Karang Taruna Indah Nuansa Bukusu

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa MileniaNews menjadi portal media yang menampung aspirasi generasi muda.

“MileniaNews menerima kiriman berita atau rilis dari para pembaca, cukup dengan mengirimkan tulisannya ke email redaksi@milenianews.com. Jika suka menulis karya sastra, ada kategori kertas kosong, suka nulis opini ada mata akademisi, juga bisa kirimkan tulisan dengan kategori lainnya,” jelas Rifqi.(Umi Faddilah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

UNM Tebar Bakti Untuk Negeri Melalui Kegiatan Workshop

Milenianews.com, Cengkareng - Ramadan menjadi momen terbaik untuk berbagi, baik berbagi makanan, takjil ataupun berbagi pengetahuan. Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Cengkareng senantiasa menjadikan...

Pemerintah Perpanjang Larangan Mudik Lebaran sampai 24 Mei 2021

Milenianews.com, Jakarta - Pemerintah perpanjang larangan mudik sampai 24 Mei 2021. Perpanjangan tersebut berlaku mulai hari ini, 22 April 2021. Melalui Satuan Tugas (Satgas)...

Anak Dinosaurus Tertangkap CCTV, Berkeliaran di Belakang Rumah

Milenianews.com, Jakarta - Sebuah cuplikan video dari daerah Florida, Amerika Serikat (AS) memperlihatkan yang mirip seekor anak dinosaurus berlari di belakang rumah seorang warga. Jika...

Tayang Bersamaan Skandal, Film Seo Ye Ji ‘Recalled’ Puncaki Box Office Korea

Milenianews.com - Seiring dengan skandal yang terjadi kepada Seo Ye Ji, film terbaru yang ia bintangi berjudul Recalled justru menorehkan pencapaian menakjubkan. Recalled sukses...