News  

Disiplinnya Warga Badui Terapkan Protokol Kesehatan

Suku badui

Milenianews.com, Lebak – Masyarakat Suku Badui, yang tinggal di pedalaman Kabupaten Lebak, Banten, harus dijadikan contoh dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes). Mereka sangat disiplin dan selalu mentaati aturan pemerintah, di masa pandemi ini.

Tetua Adat Badui mengatakan, tempat wisata ke Badui juga diperketat dengan menerapkan prokes Covid-19. Terutama dengan memakai masker, menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan. “Kami memperketat wisatawan ke sini, wajib menerapkan protokol Covid-19 dan menjaga kebersihan,” katanya, dikutip Antara, Senin (7/9).

Baca Juga : Hati-hati, 3 Kluster Besar Penyebaran Covid-19 saat ini

Wilayah Suku Badui masih menjadi zona hijau dengan kasus nihil positif

Ia pun menyebut, Peraturan Bupati (Perbup) Lebak Nomor 28 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru, menjadi aturan yang positif dalam mencegah penyakit menular. Dari aturan itu, pelanggar prokes diberi sanksi denda mulai Rp.150 ribu dan pelaku usaha Rp.25 juta.

“Semua warga Badui jika keluar daerah wajib memakai masker dan menjaga jarak,” jelasnya.

“Manfaat menerapkan prokes dampaknya luar biasa, karena bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kami minta wisatawan dapat mentaati protokol kesehatan,” ujarnya.

“Kami cukup disiplin mentaati aturan pemerintah dengan memakai masker dan menjaga jarak untuk pencegahan Covid-19,” katanya.

Baca Juga : IDI Berkabung, Tercatat 100 Dokter Meninggal Dunia karena Covid-19

Badui sendiri masuk wilayah zona hijau dengan kasus positif nihil. Juru bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lebak, dr Firman Rahmatullah, mengapresiasi hal tersebut.”Kami minta warga Badui dapat memperketat para wisatawan agar kawasan Badui terbebas Corona yang bisa mematikan,” katanya. (Rifqi Firdaus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *