Penemuan Virus Flu Babi G4 di China Berpotensi menjadi Pandemi baru

()

Milenianews.com, Jakarta – Virus flu babi G4 yang ditemukan para peneliti China, bisa memicu pandemi baru. Virus G4 ini merupakan turunan dari flu babi H1N1, dimana virus ini pernah menjadi pandemi pada 2009 lalu.

Para peneliti mengungkapkan, Flu Babi G4 sangatlah unik. Pasalnya, virus ini merupakan gabungan dari beberapa virus sekaligus. Satu strain mirip dengan flu burung di Eropa dan Asia, strain H1N1 yang menyebabkan pandemi pada 2009, dan strain H1N1 dari Amerika Utara yang memiliki gen dari virus influenza pada burung, manusia, dan babi.

“G4 sangat berbahaya. Inti dari virus ini adalah virus flu burung dengan campuran strain mamalia di dalamnya. Sementara manusia sama sekali tidak punya kekebalan terhadap virus ini,” kata salah satu peneliti.

Baca Juga : WHO Tetapkan Status Pandemi untuk Virus Corona, Apa Pandemi?

Di China sendiri, tepatnya di ibukota Beijing, sebanyak 10,4 % yang bekerja di peternakan babi sudah terpapar semuanya. Selain itu, 4,4 persen dari populasi China secara umum juga sudah terpapar virus atau terinfeksi flu babi G4. Tapi, belum ada bukti virus ini menular antar manusia.

Mereka khawatir, penularan antar manusia menjadi masalah utama. Terlebih China saat ini, sebagai negara dengan penduduk terbesar di dunia. (Rifqi Firdaus)

Sumber : CNN Indonesia

Suka Artikel ini ?

Tentukan Bintangnya !

Terima Kasih sudah Menilai Artikel ini

Jadilah yang Pertama untuk menilai Artikel ini

Jika kamu merasa Artikel ini bermanfaat untukmu,

Dukung melalui Media Sosial kami

Maaf jika artikel ini kurang bermanfaat untukmu,

Bantu kami untuk memperbaikinya !

Berikan komentar atau hubungi kami melalui Kontak.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x