Kepolisian Selandia Baru Rekrut Petugas dengan Kecerdasan Buatan

Milenianews.com, Wellington – Kepolisian Selandia Baru merekrut petugas baru namun bukan dari kalangan manusia. Melainkan seorang dengan bertenologi Kecerdasan Buatan (AI) yang bernama Ella.

Ella berupa sosok asisten virtual yang menggunakan animasi langsung untuk mengemulasikan interaksi. Ella akan masuk di jajaran kepolisan dan bertugas pada Senin (17/2) mendatang.

Baca Juga : Qlue, Startup asal Indonesia Juara di ASEAN Best IoT

Tugas utamanya yakni menyambut tamu pengunjung di kantor pusat, memberitahukan kehadiran pegawai dan mengumpukan kartu pengenal.

Selain itu, Ella juga diberi kemampuan agar bisa berbincang dengan pengunjung terkait topik tertentu, seperti memberitahukan nomor darurat kepolisian yang dapat dihubungi dan prosedur pemeriksaan petugas kepolisian.

Per tiga bulan sekali, Ella akan mendapat evaluasi. Komisioner Kepolisian Selandia Baru Mike Bush menyebut bahwa kemampuan Ella saat ini masih dalam tahap dasar, sebab merupakan masih dalam proses pengujian.

Polisi dengan Kecerdasan Buatan bisa Gantikan Polisi Manusia


Foto : Intela AI

Meski begitu, pihaknya akan terus mengembangkan kemampuan Ella dengan lebih banyak pengetahuan dan kemampuan. Teknologi AI ini bisa belajar lebih banyak dari interaksi yang dialaminya.

Sementara, perusahaan teknologi Intela AI dan Soul Machines akan memmipin pengembangan Ella.

Perusahaan asal Selandia Baru tersebut, akan memprogram Ella agar bisa berbicara, bernyanyi juga melengkapi dengan bahasa tubuh guna menyampaikan layanan langsung.

Kedepannya mungkin polisi AI ini, akan berpatroli di jalanan Kota Wellington atau menggantikan petugas manusia dalam waktu dekat.

Baca Juga : ‘Prixa’ Platform Kesehatan dari Indonesia Berbasis AI

Seperti dikatakan Bush, apablia Ella menunjukkan performa baik, maka kedepannya Ella akan diberi tanggung jawab baru di masa depan. (Ikok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *