Musim Terbaik Berwisata ke Asia Tengah

Waktu Terbaik Mengunnjungi Asia Tengah

Milenianews.com, JakartaLonely Planet merilis daftar kawasan terbaik untuk wisata tahun depan. Kawasan Asia Tengah menduduki peringkat teratas dalam daftar tersebut, pada minggu ini.

Menurut laporan tersebut, Asia Tengah dianggap sebagai destinasi wisata yang unik dan menantang. Geografis Asia Tengah menyuguhkan pemandangan padang pasir, padang rumput dan pegunungan bersalju yang luas.

Asia Tengah dihuni lima negara yang berahiran ‘Stan’, Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Turkmenistan dan Uzbekistan.

Namun sekarang, negara-negara di sekitar kelimanya, juga disebut kawasan Asia Tengah. Seperti Afghanistan, Iran, Mongolia, Wilayah Barat China, Sebagian Rusia dan Pakistan.

Suasana di kawasan Asia Tengah sangat berbeda pada setiap musimnya, baik musim panas, musim salju maupun musim semi. Semua musim terlihat begitu indah. Terlebih saat merasakan kesan pertama saat menginjakkan kaki di Asia Tengah.

Saat musim panas, disana bisa melihat pegunungan berbatu yang gagah. Saat musim dingin, gunung tersebut berubah bersalju. Sedangkan saat musim semi, pohon dan bunga di sekitar gunung akan tumbuh.

Meski begitu, negara-negara di Asia Tengah memiliki iklim kontinental, saat dingin akan terasa sangat dingin dan saat panas akan terasa sangat panas.

Baca Juga : 5 Jembatan dengan Letak yang tak Masuk Akal, Berani Coba?

Waktu yang cocok mengunjungi kelima negara di kawasan tersebut adalah saat musim gugur. Berikut musim terbaik untuk mengunjungi Asia Tengah :

1. Kazakhstan, Mei – September


Sumber : The National Interest

Suhu dibulan tersebut terasa sejuk, karena itu merupakan musim semi di negeri padang pasir ini. Pemandangan yang indah juga akan telrihat, dengan padang pasir yang terlihat lebih berwarna dengan pohon dan bunga yang bermekaran.

Jika ingin kesana untuk mendaki, sebaiknya dilakukan di bulan Juli – Agustus, setelah sebagian es mencair. Sementara kegiatan ski bisa dilakukan sepanjang bulan Desember-Maret.

2. Kirgistan, April – Oktober


Sumber : DAKS-Reisen

Musim semi di negara ini berlangsung pada April sampai Mei. Jika ingin mendaki, lakukanlah pada bulan Juli – Agustus karena medan lebih kering dan bisa bermalam dengan tenda tanpa menggigil.

Musim gugur juga sangat terlihat indah disini, pepohonan akan berubah warna. Sama seperti Kazakhstan, kegiatan ski di sini bisa dilakukan sepanjang bulan Desember sampai Maret.

3. Tajikistan, Mei – September


Sumber : The Adventures of Lil Nicki

Tumpukan salju masih bisa terlihat di Gunung Pamir dan Gunung Fan, saat awal musim semi di bulan Mei. Banyak juga turis yang datang ke negara ini melakukan ekspedisi dengan motor di Pamir Highway.

Baca Juga : Lihat Aurora Secara Langsung Ditempat Tidur, Siapkan Uang 1,4 miliar rupiah

Mereka biasanya datang di awal musim semi karena salju tak lagi terlalu menumpuk di sepanjang rute perjalanan. Musim panas bakal tetap dingin dan berangin, sementara musim dingin bakal amat sangat dingin.

4. Turkmenistan, April sampai Mei dan September sampai Oktober


Sumber : Ozy

Pada bulan tersebut, Turkmenistan sedang dalam suhu sejuk yang cocok untuk wisata. Musim gugur menjadi waktu panen di negara ini. Pasar tradisional akan lebih meriah.

Disarankan jangan datan di musim panas atau dingin, karena suhunya terasa sangat ekstrem.

5. Uzbekistan, Mei sampai Juni dan September sampai November


Sumber : Intrepid Travel

Suhu sejuk dan kering menjadi suasana yang tepat untuk jelajahi jalur sutra di Uzbek. Sementara di bulan Juli sampai Agustus menjadi masa favorit para turis yang melakukan pendakian, meski hawanya bakal amat sangat gerah. 

Gimana, ada agenda ke Asia Tengah tahun depan?. (Ikok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *