Pemerean Film Bumi Manusia

Pemeran ‘Bumi Manusia’, Cerita para Pemain Multiras, dari Stereotip sampai Pendalaman Karakter

Milenianews.com, Jakarta – Film ‘Bumi Manusia’ merupakan sebuah film yang diangkat dari Novel karangan Pramoedya Ananta Toer. Bumi Manusia sendiri adalah buku pertama dari Tetralogi Buru yang ditulis Pram saat mendekam di pulau Buru.

Film ini akan berlatarkan kejadian kebangkitan nasional antara tahun 1890-1918. Untuk lebih memunculkan feel dari film tersebut, para pemeran dipilih juga dari artis multiras (terlahir dari orangtua beda negara).

Mereka adalah Mawar Eva de Jongh, Bryan Domani dan Jerome Kurnia. Tumbuh besar di Indonesia sebagai anak multiras, mereka mengaku selalu dianggap berbeda.

Baca Juga : Film Mahasiswi Baru, Hadirkan Cerita Semangat Belajar ber-Genre Komedi

“Banyak orang selalu menanyakan aku campuran mana, mau tahu sisi luarnya saja. Tapi kalau ditanya ‘campuran mana?’ aku jawabnya Surabaya,” kata Jerome yang punya keturunan Indonesia – Jerman, dikutip Antara, Kamis (01/08).

Bryan juga menyebut banyak yang beranggapan keturunan multiras itu lebih ke barat-baratan. Bahkan dicap tidak suka Indonesia, lebih memilih di luar negeri.

“Aku suka banget makanan Indonesia malah,” ujar Bryan, pemeran Panji Darman.

Terlepas dari itu semua, ketiganya hanya mendapat pertanyaan-pertanyaan yang serupa saja, tak ada pengalaman buruk.

Pendalaman Karakter

Mereka lebih memilih serius dalam mendalami perannya masing-masing, daripada harus memikrkan hal-hal yang dapat mengganggu mereka.

Seperti Bryan, ia mengaku harus memperbanyak kosa kata bahasa Indonesia, dalam perannya sebagai Jan Dapperste.

Dalam perannya ia adalah seorang pribumi yang diangkat oleh keluarga Belanda.  Jan Dapperste tidak suka dengan sebutan Belandanya, yang akhirnya berganti nama menjadi Panji Darman.

Bryan yang merupakan keturunan Indo-Jerman ini, juga sempat belajar cara bicara dan gerak-gerik orang pada era 1900-an. 

Baca Juga : Marvel Ungkapkan Rencana Besar Fase Empat Untuk Serial dan Film

Sementara Hanung Bramantyo mengatakan, Bryan dipilih karena ada satu dialog yang akan lebih ‘menonjol’ jika diperankan oleh aktor keturunan Indonesia-Belanda.

Film Bumi Manusia akan tayang pada 15 Agustus mendatang yang juga dibintangi Iqbal Ramadhan, Sha Ine Febriyanti, Ayu Laksmi dan Donny Damara. (Ikok)

Post Author: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *