7 Kota ini Siap Sambut Peradaban Masa Depan

Milenianews.com, Jakarta – Manusia adalah makhluk paling jenius dari semua makhluk yang ada di bumi ini. Peradaban dunia saat ini semakin terlihat canggih.

Bukan rahasia umum lagi jika sekarang kehidupan manusia dibarengi dengan penerapan teknologi-teknologi mutakhir.

Menurut laporan National Geographic, memprediksi dua dari 3 orang akan pindah ke kawasan perkotaan pada 2050 nanti. Kepadatan penduduk di kota tak bisa dihindari lagi.

Sekarang saja, sudah terlihat banyaknya penduduk desa yang pindah ke kawasan perkotaan. Meski tak menetap selamanya, namun pertumbuhan kepadatan di kawasan perkotaan sudah banyak menimbulkan dampaknya.

Salah satunya adalah munculnya polusi. Hal ini disebabkan karena penggunaan energi biofosil dalam kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga : Ini Dia Beberapa Pilihan Destinasi Wisata Persawahan

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) selalu berupaya untuk menjadikan masalah ini bisa teratasi.

PBB mendorong pembangunan kota yang menerapkan teknologi canggih. Hal itu untuk mengatasi persoalan akibat kepadatan penduduk.

Upaya tersebut rupanya mendapat sambutan dari sejumlah kota di dunia. Kota-kota itu secara bertahap tumbuh menjadi kawasan dengan teknologi tinggi dan mencerminkan peradaban masa depan. 

Berikut 7 kota yang sudah menerapkan teknologi canggih untuk menyambut peradaban masa depan, dikutip dream.co.id, Kamis (10/07) :

Kota Tallin, Estonia 

Ibukota Estonia menjadi salah satu kota yang mempersiapkan diri menyambut peradaban masa depan.

Kota ini dilengkapai fasilitas berteknologi canggih. Bahkan kota ini sudah memakai jaringan 5G. Di Estonia sendiri, akses internet masyarakatnya menjadi bagian dari hak asasi manusia (HAM).

Pada 2020 nanti, Negara ini akan merayakan kemerdekaan mereka yang ke-100. Pemerintah setempat pun telah menyiapkan banyak perayaan untuk momen nanti.

Kota Aarhus Denmark

Aarus memang tak seramai Koepnhagen di Denmark. Namun kota ini punya sisi unik tersendiri. Aarus disebut sebagai pusat kebudayaan di Eropa.

Aarus bersama beberapa kota lain di sekitarnya juga pernah menerima penghargaan Gastronomi Eropa.

Bahkan fasilitas di kota ini termasuk paling canggih dan lengkap. Mulai dari model pasar makanan terbaru, koneksi jalur kereta api, hingga perpustakaan yang futuristik.

Bahkan pemerintah Denmark akan jadikan kota ini menjadi kawasan bebas karbon pada 2030.

Kota Santiago, Chili

Kota yang menjadi ibukota Chili ini, menerapkan kebijakan pembatasan mobil, pengadaan khusus jalur sepeda motor juga mempunyai transportasi masal yang terbesar di Amerika Selatan.

Sistem metro yang digunakan di Santiago menggunakan bus tenaga diesel. Selain itu, Santiago juga menyediakan akses pejalan kaki yang memadai.

Arsitektur yang sangat futuristik di kota ini, membuat fantasi sebagai kota masa depan semakin terlihat.

Kota San Antonio, Texas

San Antonio merupakan kota besar tertua di Texas, Amerika Serikat. Kota ini memiliki landmark dan museum yang direvitalisasi sehingga lebih nyaman dikunjungi.

San Antonio terkenal sebagai kota kreatif hingga mendapat penghargaan Gastronomi UNESCO.  San Antonio juga rumah bagi para koki kreatif yang menyajikan berbagai menu lokal dengan inovasi.

Ditambah lagi, kota ini sedang menjalankan renovasi terhadap Hemisfair Park yang merupakan salah satu situs perdamaian dunia 1968. 

Kota Helsinki, Finlandia

Kota ini punya  teknologi canggih yang juga menjadi kebanggan Finlandia. Helsinki juga merupakan kota paling aman dan bahagia di dunia menurut laporan World Happiness Report.

Helsinki saat ini diketahui tengah bekerja sama dengan sebuah lembaga untuk membuat produk kendaraan berbasis self-driving. Juga inkubator kreatif untuk bantu pekerjaan para juru masak dan semua urusan dapur lainnya.

Selain itu, kota ini juga sedang merencanakan pengembangan teknologi ramah lingkungan terutama untuk pejalan kaki.

Kota Scottsdale, Arizona

Meski berada di tengah gurun pasir yang panas dan gersang, masyarakat Scottsdale membangun kota mereka berbaur dengan alam.

Bahkan, sepertiga kota ini masuk dalam kawasan cagar alam McDowell yang dilindungi.Selain itu, Scottdale menawarkan fasilitas mendaki dan olah raga sepeda yang menantang.

Kota ini juga punya galeri seni di Museum of West dan kerap menjadi lokasi pilihan para seniman untuk menggelar pameran.

Kota Detroit, Michigan

Satu lagi kota yang menawarkan teknologi canggih, Detroit. Kota ini juga sedang kembangkan pembuatan mobil self-driving dan akan membangun pusat peradaban seni.

Pembangkit listrik di Detroit bahkan diubah menjadi lebih ramah lingkungan, dan dilengkapi fasilitas restoran, gedung pencakar langit juga akses ruang publik yang mudah dan nyaman. (Ikok)

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *